Punthuk Mongkrong, Destinasi Alternatif Selain Setumbu

Malam itu saat ke Jogja, saya sempatkan untuk mampir ke rumahnya Jet (@rezadiasjetrani) untuk sensus dan sedikit curhat😀 Saya bilang mau ke Punthuk Setumbu esok hari, tapi dia menyarankan lebih baik ke Punthuk Mongkrong, karena lebih bagus dan tiket masuknya pun gak semahal Setumbu. Ok baiklah, atas saran dia, saya putuskan untuk ke Punthuk Mongkrong yang lokasinya gak jauh dari Setumbu, lagipula saya udah beberapa kali ke Setumbu, mau menjajal tempat yang baru.

img-20160815-wa0028-03
Jet

Dari Jogja berangkat pukul 03.30 bersama Novi (@noviiautamii) naik motor sewaan. Saya kenal dia dari Twitternya @nebengers, dia berangkat sendirian dari Jakarta ke Jogja dan bingung mau ke mana. Kebetulan saat itu saya ada keperluan juga ke Jogja, ya sudah mending bareng aja, tapi entah kenapa dia bisa langsung percaya, padahal kan malam itu kita baru pertama ketemu. Apa dia nggak takut diculik sama saya yang berwajah syerem ini ? Itulah pertanyaan yang belum sempat saya tanyakan hingga hari ini.

DCIM101MEDIA
Novi

dsc_0259

Untuk menuju ke Punthuk Mongkrong, dari Jogja pergi ke arah Magelang, masuk kawasan Borobudur. Dari Borobudur belok kiri melewati Hotel Manohara. Setelah tiba di perempatan kecil masih lurus lagi menuju Balai Desa Giri Tengah, ikuti rambu-rambu yang ada, atau bisa juga gunakan GPS. Punthuk Mongkrong ini lokasinya lebih tinggi daripada Setumbu, maka tidak disarankan menggunakan motor matic, karena tanjakannya cukup terjal dan sempit.

Photo : Novi
Photo : Novi

Saat sampai di lokasi, ternyata sudah ada beberapa orang, tidak begitu ramai karena hari itu adalah hari Senin. Punthuk Mongkrong ini merupakan salah satu spot terbaik untuk memotret sunrise. Tapi sayang saat itu matahari tampaknya enggan menampakkan wujud sempurnanya karena terhalang kabut. Dalam memotret pemandangan itu, pertanyaannya bukanlah “Bagaimana caranya ?” tetapi “Kapan waktu terbaik ?”. Jadi meskipun kita memotret di lokasi yang sama bisa mendapatkan hasil dan mood yang berbeda, tergantung kapan kita datangnya.
img_20160815_063239-01img_20160815_061138

Di spot ini terdapat jembatan bambu yang berbentuk V, sangat bagus sekali, dan dapat dinaiki maksimal 3 orang. Selain itu juga lokasi ini disediakan jembatan gantung dan gardu pandang di pohon. Bila kita geser sedikit ke arah utara maka akan terlihat gunung Sindoro dan Sumbing. Gunung Merapi dan Merbabu pun terlihat jelas di balik awan. Oh iya, di lokasi ini juga terdapat batu yang dibuat untuk mengenang sejarah Pangeran Diponegoro dan pasukannya yang pernah beristirahat di sini.

img-20160815-wa0006-01

DCIM101MEDIA

Sebenarnya di kawasan ini ada spot lain yaitu Punthuk Sukmojoyo dan Pos Mati, tapi sayang saat itu matahari mulai meninggi yang menandakan saya harus turun dan berteduh agar kulit saya tidak menghitam😀

2 thoughts on “Punthuk Mongkrong, Destinasi Alternatif Selain Setumbu

  1. kok aku buka yang heyspheriks.com gak bisa yah?
    belum pernah sih ke punthuk Mongkrong. Tapi kalo mau ke Punthuk Setumbu mending lewat bukit Rhema yang ada gereja Ayamnya lalu trekking 15 menit menuju Punthuk Setumbu. Lebih murah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s